The Asset Manager: Beri Ruang untuk Ide dan Inovasi Pengelolaan Aset Negara

Yogyakarta, 25 Agustus 2022 - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) kembali menyelenggarakan kompetisi pengelolaan aset negara bergengsi di Indonesia bertajuk “The Asset Manager” dengan mengangkat tema optimalisasi aset negara guna mendukung penguatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Final yang juga menjadi malam puncak penghargaan The Asset Manager dilaksanakan di Yogyakarta pada hari ini (25/8) dengan dihadiri oleh Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Dalam pidato kuncinya, Wamenkeu menyatakan “Negeri kita akan maju sesuai dengan kreativitas kita. Jika bangsanya kreatif, negeri kita akan terus memperoleh ide dan terobosan baru untuk hal-hal yang mensejahterakan masyarakat. Saya berharap BLU (Badan Layanan Umum), Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah dapat terus menciptakan kreativitas dan inspirasi atas aset kelolaannya, sehingga menciptakan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.”

Sri Sultan Hamengkubuwono X selaku Gubernur DIY dalam sambutannya juga menyatakan apresiasi dan menyambut baik penyelenggaraan acara The Asset Manager di Yogyakarta. Ia berharap dapat menjadi bagian dari pergerakan ekonomi melalui kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Melalui acara ini, LMAN ingin membentuk sumber daya manusia unggulan yang memiliki semangat, paradigma baru dan kemampuan eksekusi yang tinggi di bidang optimalisasi aset negara. Selain itu, kompetisi ini juga diharapkan bisa melahirkan berbagai inovasi baru dan tepat guna dalam hal pengelolaan aset negara sehingga mampu memberikan manfaat finansial, ekonomi dan sosial sebesar-besarnya.

Adapun peserta kegiatan ini adalah perwakilan Kementerian/Lembaga Negara, Badan Layanan Umum (BLU), Pemerintah Daerah, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Para peserta wajib melampaui 3 (tiga) babak yaitu penyisihan, semifinal dan final. Dalam masing-masing babak, peserta diberikan kasus yang berkaitan dengan aset negara untuk dianalisa dan dipresentasikan usulan konsepnya kepada dewan juri yang terdiri dari regulator, akademisi maupun praktisi pengelolaan aset.

Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi berharap semangat The Asset Manager tidak akan berhenti setelah acara ini terselenggara. The Asset Manager merupakan perwujudan misi LMAN selaku penggerak optimalisasi aset negara yang diharapkan dapat melahirkan role model asset manager yang memiliki kompetensi serta mindset pengelolaan aset negara yang berorientasi pada inovasi serta adaptif terhadap kebutuhan masyarakat.