Sinergi Meningkatkan Kompetensi Kehumasan Bersama Bank Indonesia

Dengan semangat sinergi dan kolaborasi, Tim Strategi Komunikasi (Stratkom) Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) melakukan benchmarking kehumasan kepada Departemen Komunikasi Bank Indonesia pada Jumat (21/1). Bertempat di Gedung Bank Indonesia Jakarta Pusat, Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Junanto Herdiawan menyambut baik dan memimpin langsung jalannya diskusi. Kegiatan benchmarking ini sekaligus merupakan upaya tim stratkom LMAN untuk meningkatkan kompetensi melalui pembelajaran dan menggali pengalaman dengan berbagai pemangku kepentingan agar strategi komunikasi mampu memberikan kontribusi terhadap keberlangsungan dan kinerja lembaga.

Dalam kesempatan ini, tim Departemen Komunikasi Bank Indonesia berbagi mengenai strategi komunikasi, pengelolaan komunikasi digital serta komunikasi internal di Bank Indonesia. Junanto  mengatakan “Komunikasi itu prinsipnya suatu rangkaian proses, bukan cuman posting, mengelola Instagram, membuat siaran pers, bikin event, itu cuman bagian taktikal harian. Komunikasi sebenarnya strategi besar, taktikal-taktikal hariannya dan jangan lupa kalau diakhir ada evaluasi, terkadang kita lupa melakukan evaluasi”.

Seperti yang diketahui, Bank Indonesia merupakan Lembaga Negara Independen yang memiliki tugas dan fungsi di bidang perbankan, moneter, dan sistem pembayaran, serta memiliki tujuan untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai Rupiah. Sehingga Bank Indonesia dituntut untuk menjalin hubungan dan sinergi yang baik dengan para pemangku kepentingan, yang tentunya diikuti dengan arah komunikasi publik dan strategi komunikasi yang sesuai. Bank Indonesia juga memiliki sekitar 5.000 pegawai yang tersebar di seluruh Indonesia, dimana para pegawai Bank Indonesia merupakan stakeholder internal yang paling utama sehingga komunikasi internal menjadi satu hal penting demi tercapainya tujuan Lembaga. Dalam hal komunikasi digital, Bank Indonesia memiliki jalur komunikasi yang banyak dan cukup beragam menjangkau seluruh pemangku kepentingan.

Kegiatan benchmarking kehumasan ini bukan hanya memacu semangat tim Stratkom LMAN untuk terus meningkatkan kompetensi kehumasan dan kinerjanya, namun juga dapat memberikan insight dan evaluasi dalam penyusunan strategi komunikasi LMAN ke depannya kepada Manajemen.