Komitmen LMAN Dalam Mendorong Percepatan Infrastruktur

Medan, 4 Februari 2022 - Direktur Utama LMAN bersama dengan Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), dan Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero), Tbk, menandatangani Letter of Commitment (LoC) Penyaluran Penyertaan Modal Negara (PMN)/investasi pemerintah (4/2). Penandatanganan ini disaksikan secara khusus oleh Menteri Keuangan dan Menteri PUPR. Penandatanganan ini merupakan bentuk komitmen dalam melaksanakan tugas guna mempercepat terwujudnya infrastruktur dan Proyek Strategis Nasional (PSN). 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, “Penandatanganan LoC diharapkan dapat menjadi testimoni sekaligus komitmen untuk menjalankan tugas negara dan menggunakan uang negara seefisien mungkin.” Menteri Keuangan juga menekankan pemanfaatan APBN yang menjunjung tinggi tata kelola dan integritas, sehingga APBN dapat menjadi instrumen untuk menggerakkan roda perekonomian serta meningkatkan kesejahteraan rakyat. Di tahun 2022, LMAN mendapatkan mandat alokasi dana investasi pemerintah sebesar Rp28,84 Triliun untuk pendanaan pengadaan lahan berbagai program infrastruktur PSN. Dari alokasi tersebut, Rp24,088 triliun diamanatkan untuk pendanaan pengadaan lahan bagi sektor jalan tol, termasuk JTTS.

Penandatanganan LoC menjadi salah satu rangkaian dalam acara Peresmian Jalan Tol Ruas Binjai-Langsa seksi Binjai-Stabat  oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Acara peresmian ini turut dihadiri oleh Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menteri Keuangan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Gubernur Sumatera Utara, Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) serta Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) dan PT Waskita Karya (Persero), Tbk. Untuk ruas yang diresmikan ini, LMAN telah menyalurkan dana untuk pembebasan lahannya sebesar Rp650 Miliar (per 31 Januari 2022). 

LMAN berkomitmen untuk terus menjalankan amanat dalam melaksanakan pendanaan lahan pembangunan infrastruktur PSN guna menghadirkan manfaat bagi seluruh rakyat Indonesia. LMAN memberikan apresiasi setinggi-tingginya juga diberikan kepada masyarakat dan seluruh pihak yang berperan dalam ekosistem pembangunan infrastruktur atas sinergi dan kolaborasi yang baik untuk mewujudkan percepatan pembangunan infrastruktur guna memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Indonesia.