Dukung Pariwisata Danau Toba, LMAN Bebaskan Lahan Dua Ruas Jalan Tol

Presiden Joko Widodo secara resmi meresmikan dua Proyek Strategis Nasional Jalan Tol yang menghubungkan Indrapura - Limapuluh (bagian dari ruas Indrapura - Kisaran) dan Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat. Dalam acara peresmian yang berlangsung pada Rabu 7 Februari 2024, Presiden Joko Widodo menegaskan pentingnya infrastruktur yang memadai untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, meningkatkan tingkat kunjungan pariwisata ke objek wisata Danau Toba, dan konektivitas antarwilayah khususnya di Sumatera Utara.

Ruas Indrapura - Kisaran dan Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), Proyek Strategis Nasional di bidang jalan tol untuk meningkatkan aksesibilitas dan mempercepat pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumatera. Kedua ruas jalan tol ini diharapkan dapat memperlancar arus transportasi antar kota dan memperpendek waktu tempuh secara signifikan.

Pembayaran pembebasan lahan kedua ruas tersebut menggunakan APBN melalui LMAN. Kinerja realisasi ruas Kisaran - Tebing Tinggi adalah 98,99% (alokasi Rp1.187.924.075.599 dan realisasi Rp1.174.701.563.560) dan ruas Tebing Tinggi - Pematang Siantar - Prapat - Tarutung - Sibolga sebesar 84,34% (alokasi Rp998.423.654.271 dan realisasi Rp842.120.364.264).

"Dengan pembangunan jalan tol ini diharapkan akan semakin banyak investasi dan investor yang datang untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada di Provinsi Sumatra Utara dan meningkatkan kunjungan wisata ke destinasi seperti Danau Toba dan sekitarnya, mengefisienkan biaya logistik, meningkatkan daya saing daerah serta menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya," ujar Presiden Republik Indonesia.