Lembaga Manajemen Aset Negara
661 MILYAR DIKUCURKAN LMAN UNTUK PATIMBAN YANG BARU SAJA DIRESMIKAN

Subang, 20 Desember 2020- Pelabuhan Patimban pada hari ini, Minggu (20/12) resmi dioperasikan. Peresmian dilakukan oleh Presiden Joko Widodo yang hadir secara virtual, dan disaksikan oleh beberapa pejabat serta tamu undangan, baik yang diundang langsung di lokasi pelabuhan, maupun diundang melalui pertemuan dalam jaringan (daring).

Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) merupakan Lembaga yang ditunjuk untuk melaksanakan wewenang pendanaan lahan infrastruktur Proyek Strategis Nasional (PSN) berdasarkan Peraturan Presiden No. 109 Tahun 2020 Tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Presiden No.3 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Pelabuhan Patimban, merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang pembebasan lahannya didanai oleh LMAN, dengan total anggaran pendanaan lahan sebesar 900 Milyar Rupiah. Dari alokasi anggaran dimaksud, telah diserahkan kepada LMAN sejumlah 672 Milyar Rupiah dan telah dibayarkan sejumlah 661 Milyar Rupiah.

Pembebasan lahan merupakan tahapan hulu yang mendasar dan penting bagi perwujudan infrastruktur PSN, dan oleh karena itu, LMAN berupaya melaksanakan pendanaan pembebasan lahan secara tepat, cepat, dan menjunjung tinggi tata kelola yang baik, demi pelaksanaan percepatan pembangunan untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan infrastruktur. Selain itu, diperlukan sinergi dan kolaborasi yang apik antar pemangku kepentingan terkait, karena proses pendanaan lahan juga melibatkan berbagai instansi dan masyarakat. Pembayaran pembebasan lahan akan dilakukan LMAN jika seluruh proses dan dokumen yang diperlukan telah diverifikasi dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal ini sebagai perwujudan kinerja dengan mengedepankan integritas dalam mengemban amanat pengelolaan anggaran negara.

Dengan diresmikannya pelabuhan Patimban, diharapkan akan memicu pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat pada khususnya dan menjadi pengangkat potensi pembangunan kawasan industri di sepanjang koridor utara pulau Jawa. Pelabuhan Patimban juga diproyeksikan menjadi pelabuhan hub yang dapat mendorong kapasitas ekspor impor Indonesia dan juga menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. (MT - Foto: Kementerian Perhubungan

 

Bagikan